1. KONSULTASI DAN ASESMEN

Bertujuan:

  • Memberikan ide-ide baru bagi keluarga.
  • Didasarkan pada pengalaman praktik dan pengetahuan di bidang Positive Behavior Support (PBS) dan ASD.
  • Didasarkan pada teknik-teknik pelatihan dan pengajaran PBS saat ini.
  • Didasarkan pada penelitian-penelitian PBS saat ini

Implementasi program belajar mengajar di rumah dan komunitas anak:

  • Terfokus pada individualitas anak.
  • Terfokus pada keluarga dan dilaksanakan dalam setting natural anak.
  • Terfokus pada care giver yang dimiliki keluarga sendiri

Problem solving yang efektif didasarkan pada berbagai observasi dan pendekatan team.

2. SEMINAR DAN WORKSHOP

Kegiatan seminar dan workshop yang ditujukan untuk umum bertujuan:

  • Menghantar masyarakat luas pada pemahaman tentang gangguan perkembangan autisme.
  • Meneguhkan mereka yang telah membangun keprihatinan dan kepedulian pada anak autis.
  • Menstimulus munculnya embrio kelompok dan komunitas dalam masyarakat yang peduli pada autisme.
  • Mendukung upaya studi, penelitian dan pengembangan metode serta media penanganan anak ASD.

3. KEGIATAN FUN TIME & OUTBOND

Berbagai kegiatan yang menyenangkan dan dilakukan di alam serta tempat-tempat umum lainnya diharapkan akan memberikan:

  • Peluang untuk ‘belajar’ sepanjang hidup.
  • Mengembangkan relasi-relasi yang memuaskan.
  • Partisipasi dalam kehidupan bermasyarakat.
  • Membuat pilihan-pilihan & keputusan-keputusan.
  • Peluang-peluang untuk dihargai dan menjalankan peran.

Para orang tua sendiri kemudian mendapatkan berbagai kesempatan dan peluang untuk memperluas proses belajar anak di luar waktu-waktu terstruktur mereka di sekolah. Bentuk-bentuk kegiatan yang dilakukan dalam program ini antaranya adalah: kegiatan kelompok rekreasional, kerja kelompok, dan berkemah. Melalui program ini diharapkan orang tua dari para ABK memiliki berbagai sumber untuk meningkatkan berbagai keterampilan di waktu-waktu luang mereka.

4. PENGEMBANGAN MINAT & BAKAT

Salah satu hal yang menarik dari minat, hobi atau bakat adalah bahwa setiap anak maupun orang dewasa berkebutuhan khusus dapat menjadi ‘ahli’. Ini adalah manfaat yang spesifik bagi ABK karena orang tua, guru, dan teman sebaya mereka seringkali memandang rendah. Membangun minat, hobi, dan bakat para ABK memungkinkan mereka mencapai pengetahuan dan keterampilan sesuai pilihan dan menjadi kompeten sebagai ‘jago’ di salah satu bidang yang menarik minat mereka. Minat, hobi atau bakat tidak muncul begitu saja tetapi harus dipupuk dan dibina. Lebih dari itu kita dapat selalu menemukannya bila kita meluangkan waktu dan secara konsisten melakukan eksplorasi pada para ABK. Secara umum, program ini memperkenalkan berbagai macam kegiatan dan kesempatan belajar yang luas di setiap usia perkembangan ABK sehingga semakin besar peluang kita membangun minat dan bakat mereka. Bentuk-bentuk kegiatan yang ditawarkan antaranya adalah: seni dan kerajinan, memasak, olah raga dan hobi, serta kegiatan lainnya melalui prinsip-prinsip pembelajaran yang individual.

5. PELATIHAN DAN PENINGKATAN KAPASITAS

Menanggapi demikian mendesaknya kebutuhan keluarga dari para ABK akan tenaga-tenaga (SDM) sebagai pendamping yang handal, profesional dan punya hati untuk dunia pendidikan khusus, maka Home PBS sebagai komunitas yang mengupayakan advokasi bagi ABK bersama dengan institusi pendidikan tinggi (universitas) mengadakan pelatihan dan peningkatan kapasitas bagi para mahasiswa yang ingin menjadi pendamping ABK.

6. SOSIALISASI & PERTEMUAN INFORMAL

Sosialisasi kegiatan dan program komunitas dilakukan antara lain melalui media massa, Live IG dan webinar dan kegiatan sosialisasi lainnya Bersama dengan Lembaga formal maupun informal lainnya. Kegiatan ini bertujuan memberikan informasi dan meningkatkan pengetahuan serta kewaspadaan terhadap gangguan perkembangan ASD bagi masyarakat umum maupun komunitas profesional lainnya.  Misi sesungguhnya adalah menghadirkan the-art clinical services dalam penangangan kasus yang tidak saja berbasis pada rumah sakit, klinik dan sekolah tetapi juga pada rumah dan komunitas hidup anak yang natural.